Tuesday, 10 September 2013

Memilih kain jilbab yang aman dan nyaman

kain jilbabJilbab saat ini sudah menjadi trand, seperti yang kita bahas kemarin trand namun harus tetap syar'i atau benar menurut islam, selanjutnya kita harus memilih kain jilbab yang aman dan nyaman bagi diri kita, mengapa demikian jangan sampai jilbab yang kita pakai dapat menimbulkan iritasi kulit akibat kelembaban udara yang berlebihan dan kita tidak menginginkan jilbab kita berbau apek..ups..he, tetap modis, syar'i , harum dan berpahala..he karena Allah itu indah dan mencintai keindahan, sebelum kita memilih jenis kain yang baik untuk kita alangkah baiknya kita perhatikan beberapa hal berikut ini:
1.Pilihlah jilbab sesuai warna dan kulit wajah kita jangan terlalu mencolok untuk menimbulkan kesan serasi dan pas, jadi ketika kulit kita sawo matang warna-warna yang mendekati bisa menjadi pilihan contoh coklat, coklat muda dll atau juga warna netral seperti hitam.
2.Sesuaikan jilbab dengan busana yang dikenakan boleh ada variasi warna tapi jangan terlalu ramai.
ok selanjutnya mari kita mulai jenis kain apa saja yang cocok dengan pilihan anda.
1. Kaus/kain kaos
Kaus adalah bahan yang baik dan nyaman dipakai untuk rambut (apapun jenis rambut anda..he) dan kepala. Kaus juga dapat di bentuk dan divariasi sesuka hati, tetapi kekurangannya dapat membuat bahan kaus cepat mengendur.
2. Voile
Tekstur dari kain berbahan voile adalah halus dan lembut, ini membuat jenis jilbab dengan bahan voile cocok untuk dipakai pada siang hari. Kekurangan dari voile adalah susah dibentuk karena halus lembut dan bahannya tidak lentur seperti Lycra.
3. Lycra atau Spandex
Di bandingkan kaus, banyak hijabers yang memilih bahan ini. Karena bahan ini sangat nyaman ketika digunakan. Selain itu, perawatan pada bahan jenis lycra atau spandex ini pun lebih mudah, cukup dicuci dan dijemur dibawah sinar matahari.
 4. Sutra
Tak banyak hijabers yang mengenakan sutra sebagai jilbab mereka, mengingat sebagian hijabers dilarang mengenakan sutra dalam berpakaian selain harganya yang cukup mahal. Namun, jika ingin memakai sutra sebagai jilbab, pilihlah bahan yang tipis dan lembut. Hal itu bertujuan untuk agar bergo dapat jatuh dengan baik dan luwes.
5. Chiffon
Tak jarang para hijabers tetap memilih chiffon khususnya untuk acara semi formal.Bahan chiffon memang terasa panas ketika dipakai sebagai jilbab. Meski begitu, disarankan agar menggunakan bahan Chiffon diacara tertentu dan didalam ruangan yang udaranya cukup nyaman.
Itulah beberapa jenis kain jilbab yang bisa menjadi pilihan dalam memilih bahan untuk jilbab agar hijab dapat anda kenakan dengan nyaman.

Disadur dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment